Belajar Affiliate Marketing Untuk Pemula

Belajar Affiliate Marketing, Pengertian Affiliate Marketing, Belajar Affiliate Marketing untuk Pemula

Belajar Affiliate Marketing Untuk Pemula

Di era digital ini internet dapat menjadi tambahan penghasilan. Salah satu cara menambah penghasilan dan menghasilkan uang dari internet adalah dengan menjalankan affiliate marketing. Bagi sobat yang masih pemula dan belum mengetahui seluk beluk tentang bisnis ini dapat belajar affiliate marketing terlebih dahulu melalui offline maupun online.

Kenali Apa Itu Affiliate Marketing

Mungkin ada yang masih awam pada istilah affiliate marketing. Pengertian Affiliate Marketing adalah suatu proses untuk memperoleh komisi dengan cara mempromosikan produk atau perusahaan orang lain. Setiap hasil penjualan yang berhasil dilakukan dari promosi akan diperoleh keuntungan. Pembagian keuntungan ini nantinya berupa komisi nilai tetap maupun presentase dari nilai transaksi pembelian.

Saat belajar affiliate marketing sobat akan menemui beberapa istilah yang berkaitan seperti merchant atau vendor, affiliate dan buyer atau consumer. Merchant atau vendor adalah pihak pertama yang mempunyai produk untuk dijual. Affiliate adalah pihak kedua yang menjalankan promosi dan memperoleh pembeli. Buyer atau consumer adalah pihak ketiga yang membeli produk penawaran dari affiliate.

Cara kerja affiliate marketing secara sederhana adalah sebagai berikut. Merchant memberikan materi promosi produk pada affiliate dan nantinya akan memperoleh keuntungan dari promosi affiliate setelah memperoleh buyer. Affiliate mendapatkan keuntungan dari merchant. Buyer atau consumer memperoleh produk berkualitas dari promosi affiliate.

Kelebihan Affiliate Marketing

Sebelum belajar affiliate marketing sebaiknya mengetahui kelebihan atau keunggulan bisnis ini. Sebagai pemula yang akan terjun ke dalam bisnis affiliate marketing sudah seharusnya memahami dulu tentang seluk-beluk bisnis ini meskipun terbilang sederhana. Jika dilakukan dengan tekun, affiliate marketing dapat menjadi bisnis yang sangat menjanjikan.

Apa saja kelebihan affiliate marketing?

  1. Tidak Membutuhkan Modal Yang Banyak

Untuk berbisnis pasti membutuhkan modal. Jika memiliki modal terbatas maka bagi pemula yang ingin terjun pada bisnis internet marketing, affiliate marketing merupakan pilihan tepat. Sobat cukup mempromosikan produk orang lain dan hanya membutuhkan biaya untuk internet saja.

  1. Tidak Membutuhkan Karyawan

Bisnis affiliate marketing ini tidak membutuhkan karyawan untuk melakukan pemasaran. Nantinya sobat yang akan menjalankan bisnis ini sendiri, mulai dari promosi hingga pemasaran.

  1. Tidak Membutuhkan Pengalaman

Sobat yang masih pemula dan ingin memulai sebagai affiliate marketing tidak membutuhkan pengalaman tentang bisnis ini. Biasanya dari merchant telah memberikan materi tentang marketing yang dapat langsung dipakai pada website Sobat.

  1. Tidak Membutuhkan Stok Barang

Bagi Sobat yang berbisnis affiliate marketing tidak perlu pusing untuk melakukan stok barang. Sobat hanya tinggal mempromosikan dan memasarkan produk. Sobat juga tidak perlu repot untuk mengirimkan barang apalagi jika produk yang dipromosikan merupakan barang berukuran besar.

  1. Menghasilkan Uang Kapan Saja

Bisnis affiliate marketing memungkinkan sobat untuk menghasilkan uang kapan saja meskipun sobat sedang liburan atau tidur sekalipun.

  1. Waktu Kerja Dapat Sesuka Hati

Karena bisnis affiliate marketing dikerjakan melalui internet maka bisnis ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Sobat dapat menjalankan bisnis ini meskipun berada di rumah tanpa harus bermacet ria pergi ke kantor.

  1. Risiko Relatif Kecil Dan Penghasilan Relatif Besar

Risiko yang akan diperoleh saat menjalankan affiliate marketing relatif kecil bahkan tidak berisiko sama sekali. Apabila sobat kurang cocok dengan produk yang dipromosikan atau produk tidak memperoleh income memuaskan dapat diganti dengan produk lain. Tetapi penghasilan yang diperoleh dapat sangat besar tergantung dengan kerja keras sobat.

Langkah Affiliate Marketing Untuk Pemula

Sebagai seorang pemula yang ingin sukses berbisnis affiliate harus belajar affiliate marketing terlebih dahulu. Berikut ini langkah yang harus dilakukan oleh pemula affiliate marketing.

  1. Menentukan Tema Berdasarkan Minat

Untuk berbisnis harus menentukan tema yang ingin dipasarkan. Sesuaikan dengan minat dan keahlian sobat agar dapat lebih fokus. Memilih tema harus yang spesifik agar dapat menarik pengunjung dengan lebih spesifik. Trafik yang besar dan spesifik menjadi faktor penentu dalam kesuksesan affiliate.

  1. Membuat Website

Affiliate marketing berarti berhubungan dengan pemasaran melalui internet. Sobat harus mempunyai website affiliate yang terpercaya. Dalam hal ini sebaiknya tidak memilih website gratisan tetapi berbayar. Berikan informasi yang lengkap tentang produk di website sobat.

  1. Mengisi Website Dengan Konten

Isi website sobat dengan konten-konten terkait produk yang dipasarkan. Konten merupakan bagian paling penting dari suatu bisnis affiliate marketing. Konten yang biasa digunakan untuk website affiliate yaitu artikel, gambar dan video. Bentuk konten seperti review produk, perbandingan produk dan artikel informatif dapat diisi di dalam website sobat.

Affiliate marketing memang tidak mudah bagi pemula yang ingin memulai bisnis ini. Sobat dapat belajar affiliate marketing untuk mengasah kemampuan. Meskipun bisnis ini mempunyai risiko yang relatif kecil tetapi jika sobat serius dan mau bekerja keras dapat memperoleh penghasilan besar dari affiliate marketing.

nurita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *